Skip to main content

346 Ribu Pelanggan Gunakan MRT Jakarta saat Libur Hari Kenaikan Yesus Kristus dan Cuti Bersama 2025

Image
BLM BCA
Calon penumpang MRT Jakarta sedang menunggu kedatangan ratangga di peron Stasiun Blok M BCA. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)

PT MRT Jakarta (Perseroda) mencatat 346.301 pelanggan menggunakan layanan MRT Jakarta saat libur empat hari, yaitu akhir pekan, Kenaikan Yesus Kristus, dan cuti bersama pada 29—31 Mei dan 1 Juni 2025 dengan jumlah tertinggi pada Jumat, 30 Mei, yaitu 99.049 pelanggan. MRT Jakarta juga mencatatkan empat stasiun dengan traffic pelanggan tertinggi, yaitu Lebak Bulus, Blok M BCA, Dukuh Atas BNI, dan Bundaran HI. Keempat stasiun tersebut merupakan stasiun transit yang terintegrasi baik dengan moda transportasi massal lainnya maupun gedung atau pusat perbelanjaan di sekitar stasiun. Interkoneksi tersebut memberikan kemudahan bagi masyarakat yang bepergian menggunakan transportasi publik.

Per April 2025, angka keterangkutan menyentuh angka 143.348 pelanggan per hari pada hari kerja Senin—Jumat dan 69.651 pelanggan pada akhir pekan Sabtu—Minggu. Angka ini meningkat apabila dibandingkan dengan angka keterangkutan Maret 2025, yaitu 133 ribu pelanggan pada hari kerja dan 46 ribu pelanggan pada akhir pekan. Bahkan, angka tertinggi mencapai 170.581 pelanggan pada Kamis, 24 April. PT MRT Jakarta (Perseroda) menargetkan 115 ribu pelanggan per hari hingga akhir 2025 mendatang.

Konsistensi angka keterangkutan saat hari kerja di atas 100.000 pelanggan per hari menunjukkan besarnya antusiasme masyarakat menggunakan transportasi publik saat weekdays. Meski demikian, semakin meningkatnya ridership akhir pekan dari waktu ke waktu juga menunjukkan antuasiasme warga Jakarta untuk menikmati kota dengan transportasi publik.