Skip to main content

MRT Jakarta Raih Platinum DTKJ Awards 2020

Platinum DTKJ Award
Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar berfoto bersama penghargaan Platinum DTKJ Awards 2020. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda).

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan Platinum dalam gelaran DTKJ Awards pada Selasa (1-12-2020) lalu. Penghargaan ini diberikan oleh Dewan Transportasi Kota Jakarta sebagai komitmen PT MRT Jakarta (Perseroda) sebagai penyedia layanan transportasi yang berkeadilan untuk penyandang disabilitas melalui fasilitas ramah disabilitas baik di dalam kereta maupun di stasiun dan area di sekitarnya.

Direktur PT MRT Jakarta (Perseroda) William P. Sabandar memberikan apresiasi sebesar- besarnya kepada Dewan Transportasi Kota Jakarta atas penghargaan yang diberikan kepada PT MRT Jakarta (Perseroda).. “MRT Jakarta senantiasa memastikan pemberian layanan terbaik dalam transportasi publik bagi masyarakat DKI Jakarta,” ujar ia. “MRT Jakarta sebagai agen pembangunan mendukung berbagai upaya pemerintah bersama dengan DTKJ mewujudkan transportasi publik yang aman, nyaman, dan ramah disabilitas,” tambah ia.

William juga menyampaikan ucapan selamat kepada DTKJ atas diraihnya Penghargaan Rekor MURI dalam DTKJ Awards 2020 dengan capaian temu wicara peserta disabiltas terbanyak. PT MRT Jakarta (Perseroda) berharap bahwa ini bukan semata penghargaan tetapi juga akan semakin mendorong kiprah DTKJ bersama mendukung upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pengguna kursi roda di MRTJ
Pengguna kursi roda atau penumpang dengan kereta bayi dapat menempat area khusus di kereta 3 dan 4. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya.

MRT Jakarta secara berkelanjutan senantiasa memberikan pelayanan bagi seluruh masyarakat, tidak terkecuali disabilitas. Sebagai bentuk komitmen MRT Jakarta dalam menghadirkan layanan yang aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat, MRT Jakarta hadir dengan menyediakan berbagai macam fasilitas, seperti lift prioritas yang tersedia dari mulai lantai dasar hingga peron penumpang, penyediaan ramp saat memasuki stasiun dan juga kereta, toilet khusus, hingga ruang kursi roda di kereta nomor 3 dan 4.

Selain menyediakan infrastruktur, PT MRT Jakarta (Perseroda) juga senantiasa menjadi kerja sama dengan organisasi masyarakat sipil yang terkait dengan isu inklusifitas dalam transportasi publik melalui diskusi dan pelatihan bagi staf stasiun. Sejak masa pembangunan, sejumlah diskusi dan pertemuan telah dilakukan dengan komunitas penyandang disabilitas agar infrastruktur tersebut sesuai dan dapat digunakan oleh setiap orang, termasuk penyandang disabilitas.  

Penulis: Nasrullah