Daftarkan Kartu Jelajah Bergandamu dan Kumpulkan Poinnya!
Sebagai bagian dari upaya menarik pelanggan, PT MRT Jakarta (Perseroda) meluncurkan Loyalty Program, yaitu penukaran poin pengguna jasa MRT Jakarta dengan beragam hadiah melalui kartu jelajah berganda (multi tip tricket) atau uang elektronik (electronic money) yang digunakan saat naik MRT Jakarta. Setiap pengguna jasa dapat mendaftarkan kartunya tersebut melalui aplikasi MRTJ dan setiap penggunaan kartu akan mendapatkan poin.
Perhitungan poin dihitung satu persen dari tarif perjalanan. Contohnya perjalanan dari Stasiun Lebak Bulus Grab—Stasiun Bundaran HI dikenakan tarif Rp14 ribu. Pengguna jasa akan memperoleh poin sebesar 140 poin. Poin yang terkumpul dapat ditukarkan kembali dengan beragam hadiah sampai dengan 3 Desember 2020. Informasi lebih lanjut tentang penukaran hadiah dapat melihat akun media sosial PT MRT Jakarta (Perseroda) atau melalui tautan berikut.
Cara pendaftarannya sebagai berikut.
- Unduh aplikasi MRTJ lalu buat akun (create account) atau masuk (log in).
- Temukan menu MRT Poin di beranda (homepage). Apabila tidak ada di halaman beranda, klik pilihan menu (options menu), lalu klik tanda plus warna hijau di pilihan widgets poin lalu kembali ke beranda. Pastikan tanda plus hijau telah berubah menjadi tanda minus merah.
- Masukkan nomor kartu jelajah berganda (multi trip ticket) yang tertera di kartu bagian belakang (diblok warna hitam) atau nomor kartu uang elektronik yang kerap digunakan saat menggunakan MRT Jakarta. Tik sesuai yang tertera tanpa spasi.
- Gunakan kartu terdaftar tersebu saat naik MRT Jakarta. Poin secara otomatis akan termutakhirkan di aplikasi ponsel.
- Kumpulkan poinnya sebelum 3 Desember dan tukarkan dengan hadiah pilihan.
Sebelumnya, dalam hasil survei dan kajian pengembangan aplikasi MRTJ yang dilakukan, sebanyak 43 persen responden menginginkan adanya loyalty point program di aplikasi MRTJ. 47 persen responden juga menyebutkan program tersebut dapat menjadi fitur yang menarik orang agar aktif menggunakan aplikasi MRTJ. Selain program penukaran poin, 79 persen responden menyebutkan bahwa informasi jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta wajib ada di aplikasi. 63 persen menginginkan ada fitur pengisian saldo kartu jelajah berganda (MTT), 62 persen pembelian tiket secara daring, dan jadwal bus transjakarta dari dan menuju stasiun MRT Jakarta.
Optimalisasi aplikasi melaui beragam fitur yang memudahkan pengguna jasa merupakan hal yang mutlak pada era digitalisasi seperti saat ini. Penyediaan fitur poin akan semakin menarik pengguna jasa dan memperoleh pengalaman dalam mobilitasnya menggunakan MRT Jakarta.
Penulis: Nasrullah