PT MRT Jakarta (Perseroda) Raih Lima Penghargaan DTKJ Award 2024
PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih lima penghargaan dalam Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Award 2022. Penghargaan tersebut meliputi:
- Operator Terbaik Penyedia Sarana dan Prasarana Transportasi Ramah Disabilitas, Lansia, Ibu Hamil, dan Anak—Gold Award
- Operator dengan Pengguna Disabilitas Terbanyak—Silver Award,
- Operator Terkreatif dalam Pelayanan Disabilitas—Gold Award,
- Operator dengan Kelembagaan Terakomodatif dalam Pelayanan Disabilitas—Gold award, dan
- Operator dengan Petugas Wanita Terbaik dalam Pelayanan Disabilitas
Penghargaan diumumkan pada Kamis (19-9-2024) di Hotel Grand Sahid, Jakarta. Ajang penghargaan yang pada tahun ini mengusung tema Transportasi Terintegrasi yang Inklusif dan Berkelanjutan untuk Jakarta Kota Global" ini bertujuan agar setiap operator dapat memberikan pelayanan setara kepada setiap penumpang, termasuk penyandang disabilitas. Aspek yang dinilai ialah kesiapan setiap operator transportasi publik dalam memberikan kemudahan akses bagi warga disabilitas yang menggunakan jasa layanannya.
“Atas nama PT MRT Jakarta (Perseroda), saya mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya atas penghargaan ini. Dalam memberikan layanan terhadap masyarakat, kami sangat memahami bahwa apabila layanan transportasi publik memperhatikan dengan baik kebutuhan penumpang penumpang prioritas, termasuk penyandang disabilitas, maka layanan lainnya akan secara ototmatis terwujud dengan baik,” ungkap Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Mega Tarigan.
“Kami menyediakan aksesibilitas fisik seperti prasarana dan sarana transportasi serta aksesibilitas nonfisik dalam bentuk pelayanan informasi dan komunikasi dan petugas yang sensitif disabilitas. Kami juga memastikan bahwa kemudahan akses infrastruktur ini dapat dirasakan dari pintu masuk stasiun hingga di dalam kereta,” lanjut Mega.
Sejumlah fasilitas yang disediakan seperti lift yang didesain ramah pengguna kursi roda, blok taktil, toilet penyandang disabilitas, penggunaan huruf braile di tombol lift, portable ramp bagi pengguna kursi roda, hingga area duduk khusus penumpang prioritas di dalam kereta. Bahkan, dalam satu rangkaian kereta, terdapat 82 kursi prioritas.
“Informasi yang kami sampaikan juga sangat memperhatikan kebutuhan penyandang disabilitas. Bagi teman-teman tuli, dapat mengetahui dari informasi tertulis di dalam stasiun dan kereta. Bagi teman-teman tuna netra, dapat mendengarkan pengumuman selama perjalanan di dalam ratangga. Semua petugas kami juga siap membantu,” tuturnya. Sekali lagi, pungkas Mega, penghargaan ini akan semakin mendorong upaya kami untuk menghadirkan kemandirian bertransportasi bagi penyandang disabilitas.
Rika Rukmanasari, petugas MRT Jakarta yang menerima penghargaan merasa senang menerima penghargaan ini. “Pengalaman pertama saya saat melayani pengguna jasa dengan disabilitas itu saat bertugas di Stasiun Bendungan Hilir. Ada penumpang tuna netra yang membutuhkan bantuan. Lalu, saat saya bertugas di Stasiun Haji Nawi, saya juga sempat berdialog singkat dengan penyandang disabilitas tuli,” ceritanya. “Saya beruntung bisa sedikit-sedikit berbahasa isyarat,” ujarnya lalu tersenyum. Perempuan berkacamata ini bergabung dengan MRT Jakarta sejak 2018 silam.
DTKJ Awards merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap dua tahun sekali. Acara yang sudah berlangsung sejak 2020 ini menjadi ajang apresiasi dan evaluasi untuk pihak pemangku kepentingan terkait (stakeholders) transportasi maupun non transportasi yang mampu menyediakan sarana dan prasarana ramah disabilitas. Saat ini, Jakarta sedang berbenah menuju kota dengan sistem transportasi ramah disabilitas dalam rangka mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global.
Turut hadir dalam acara penghargaan tersebut Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati, Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta Harris Muhammadun, sejumlah komunitas dan penggiat isu disabilitas serta jajaran direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta bidang transportasi.
Berita Lainnya
-
Rekayasa Lalu Lintas Terkait Konstruksi Stasiun Thamrin Periode 12 September--21 November 2021
10 September 2021 -
Angka Keterangkutan Capai 172.038 Orang, MRT Jakarta Apresiasi Pendukung Tim Garuda Gunakan Transportasi Publik
20 November 2024 -
PT MRT Jakarta (Perseroda) Serahkan 1.181 Paket KSBB kepada Masyarakat Kecamatan Cilandak
16 June 2020