Skip to main content

Webinar Service Excellence: “Sukses Berkarir di Dunia Pelayanan Publik”

Image
webinar

“Saat ini, MRT Jakarta sudah berada pada posisi World Class Operator berdasarkan indikator oleh Community of Metro (COMET). MRT Jakarta juga sudah dipercaya untuk memberikan pelatihan kepada sejumlah rekanan bisnis atau mitra dari dalam dan luar negeri seperti Dhaka Metro dan Ho Chi Minh Metro pada 2023 ini. Ke depannya, kita akan melatih lebih banyak lagi operator metro lainnya,”

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi saat membuka Webinar Service Excellence: Sukses Berkarier di Dunia Pelayanan Publik. Webinar pada Kamis (27-7-2023) yang diikuti tidak kurang dari 400 peserta dari dalam dan luar Jakarta. Dalam diskusi berdurasi sekitar dua jam tersebut, sejumlah narasumber berbagi pengalaman terkait bagaimana menyajikan layanan terbaik bagi pelanggan, khususnya MRT Jakarta.

“MRT Jakarta sebagai perusahaan penyedia jasa layanan transportasi massal berbasis rel, selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat. Kami senantiasa berinovasi agar layanan yang kami berikan dapat memenuhi standar internasional, yaitu aspek-aspek keamanan, kenyamanan, dan keandalan yang lazim ditemukan di operator kelas dunia lainnya,” tambahnya. “MRT Jakarta mendorong pengembangan budaya baru bagi masyarakat, seperti antre, tidak membuang sampah sembarangan, mengutamakan keselamatan dan kenyamanan saat menggunakan transportasi publik, serta ramah terhadap penumpang prioritas,” ungkap ia.

Dalam webinar yang disiarkan secara langsung di kanal youtube MRTv ini, hadir sebagai narasumber Kepala Divisi Customer Engagement PT MRT Jakarta M Iqbal Bimo, Executive Coach Arnold P. Bolang, dan Station Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Nasha Suprapto.

Dalam paparannya, Iqbal menyampaikan layanan dan fasilitas yang dapat diakses oleh masyarakat sehingga mendapatkan pengalaman menyenangkan selama menggunakan MRT Jakarta. “Indeks kepuasan pengguna jasa pada 2022 lalu mencapai 88,32. Naik dari 88,29 pada 2021 dan 86,64 pada 2020. Ketepatan waktu MRT Jakarta mencapai 99,9 persen dengan nihil atau zero angka kejahatan,” ujarnya. “Ke depannya, MRT Jakarta akan menjadi ekosistem yang menjangkau lebih luas dari sekadar aktivitas di stasiun. Ada aspek wisata, gaya hidup, hingga hiburan yang hadir di MRT Jakarta,” pungkasnya.

Dalam menjalankan roda organisasi, PT MRT Jakarta (Perseroda) memberikan layanannya berdasarkan nilai inti perusahaan, yaitu integrity, customer service, achievement orientation, and nurturing network. Setiap insan MRT Jakarta juga menjalankan brand personality RAPID, yaitu reliable, passionate, interactive, and dynamic. Hal-hal tersebut menjadi pondasi dalam menyajikan layanan kepada masyarakat dan mendorong kepada peningkatan angka keterangkutan (ridership).

Webinar ini merupakan kegiatan pembuka dari rangkaian Service Excellent Academy Training yang akan diselenggarakan oleh MRT Jakarta pada Agustus 2023. Pelatihan terbuka untuk umum dari berbagai kalangan, baik yang sudah berpengalaman dalam bidang service secara professional, ataupun bagi yang hendak memulai karir di dunia service. Untuk informasi seputar pelatihan tersebut, masyarakat dapat mengakses kanal-kanal komunikasi resmi MRT Jakarta seperti situs web dan media sosial.