QRIS Tap: Pilihan Baru Metode Pembayaran Tiket di Seluruh Stasiun
Pelanggan MRT Jakarta kini dapat menggunakan metode pembayaran QRIS Tap untuk pembelian tiket perjalanan di seluruh stasiun melalui fitur NFC pada ponsel berbasis Android. Untuk menggunakan QRIS Tap, pelanggan cukup mengaktifkan fitur NFC lalu membuka aplikasi bank atau dompet digital yang mendukung QRIS Tap kemudian memindai QRIS Tap ke stiker kuning di setiap passenger gate untuk masuk dan keluar dari area beranda peron berbayar (paid concourse). Metode pembayaran QRIS Tap sudah dapat digunakan sejak Kamis (30-10-2025).
“Atas nama PT MRT Jakarta (Perseroda), kami mengapresiasi langkah Bank Indonesia dalam memperluas inklusifitas dan kemudahan penerapan sistem pembayaran digital nasional berbasis QRIS di Jakarta dan Indonesia, khususnya pada sektor transportasi,” ungkap Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud. “Langkah ini akan memudahkan para pelanggan dengan menambah pilihan metode pembayaran tiket perjalanan,” pungkasnya.
Penerapan metode pembayaran ini resmi diluncurkan saat Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2025 oleh Bank Indonesia yang berlangsung pada 30 Oktober hingga 1 November 2025. Inisiatif ini menjadi bagian dari upaya kolaboratif antara pemerintah, pelaku industri, dan penyedia layanan transportasi publik untuk memperkuat ekosistem pembayaran digital yang aman dan inklusif.
Selain QRIS Tap, MRT Jakarta juga tetap menyediakan beragam pilihan metode pembelian tiket lain untuk mempermudah opsi piilihan pembelian tiket untuk pelanggan, seperti kartu uang elektronik perbankan, aplikasi MyMRTJ dengan beragam pilihan e-wallet - bank digital - kartu kredit dan BNPL, tiket QR di ticket vending machine seluruh stasiun, dan Kartu Tiket Sekali Jalan (Single Trip Ticket). MRT Jakarta memastikan seluruh sistem pembayaran tiket di MRT Jakarta dapat digunakan dengan mudah, agar masyarakat memiliki opsi kemudahan dan beragam pilihan pembayaran, dalam setiap perjalanan menggunakan MRT Jakarta.
Dengan langkah ini, MRT Jakarta menegaskan dukungannya terhadap percepatan transformasi digital di sektor transportasi publik, sekaligus menghadirkan pengalaman mobilitas yang semakin mudah bagi masyarakat perkotaan. Kolaborasi antara MRT Jakarta dan Bank Indonesia ini juga menjadi wujud nyata komitmen kedua lembaga dalam menciptakan pengalaman mobilitas yang mudah, nyaman dan cerdas, sejalan dengan perkembangan teknologi pembayaran di kawasan urban. Bersama-sama dengan implementasi pada moda transportasi lain seperti TransJakarta, LRT Jakarta, LRT Jabodebek dan kereta commuter sebagai sistem pembayaran terpadu antar moda.
Ke depan, MRT Jakarta akan terus memperluas kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk lembaga keuangan dan mitra teknologi, untuk memperkuat ekosistem digital transportasi publik di Jakarta. Dengan inovasi yang berorientasi pada pengguna, MRT Jakarta berkomitmen mendukung terwujudnya sistem mobilitas perkotaan yang cerdas, terintegrasi, dan berkelanjutan.
Berita Lainnya
-
Rayakan Tiga Tahun Beroperasi, MRT Jakarta Gelar Festival Kuliner dan Seni
23 March 2022 -
Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Terkait Pekerjaan Penyelidikan Tanah di Area Pembangunan Stasiun Glodok dan Kota
27 April 2021 -
PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Bumi Serpong Damai, Tbk (“Sinar Mas Land”) Sepakati Kerja Sama Studi Kelayakan Pengembangan MRT Lebak Bulus--Serpong
25 July 2025