![ratangga penuh](/sites/default/files/styles/large/public/2025-02/54299944518_35f0c0ba34_k.jpg?itok=0YH7gZJl)
Sepanjang Januari 2025, 114 Ribu Pelanggan Naik MRT Jakarta Setiap Hari
![ratangga penuh](/sites/default/files/styles/large/public/2025-02/54299944518_35f0c0ba34_k.jpg?itok=0YH7gZJl)
PT MRT Jakarta (Perseroda) mencatat, pada Januari 2025, 114.432 pelanggan menggunakan layanan MRT Jakarta setiap hari. angka ini menunjukkan sekitar 3.547.381 orang menggunakan layanan ratangga sepanjang Januari 2025 lalu. MRT Jakarta juga mencatat pada hari kerja Senin—Jumat, angka keterangkutan mencapai 135.988 pelanggan per hari dan pada akhir pekan sekitar 80.301 orang per hari. Angka keterangkutan tertinggi pada Rabu, 15 Januari 2025, yaitu mencapai 144.634 pelanggan. Selain itu, secara konsisten, MRT Jakarta mempertahankan ketepatan waktu 100 persen. Konsistensi peningkatan angka keterangkutan saat hari kerja menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat menggunakan transportasi publik saat weekdays.
Sejauh ini, tren peningkatan angka keterangkutan (ridership) masih terlihat di lima stasiun, yaitu Dukuh Atas BNI, Bundaran HI Bank DKI, Lebak Bulus, Blok M BCA, Senayan Mastercard, dan Istora Mandiri. Sejumlah faktor seperti integrasi antarmoda dan gedung di sekitar stasiun, transit mitra feeder, dan program gaya hidup dan event mendorong peningkatan tersebut.
Untuk menaikkan angka keterangkutan, PT MRT Jakarta (Perseroda) bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama dari industri wisata seperti sektor kuliner, aktivitas, hingga pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, hingga promo tiket di sejumlah tempat wisata. Kerja kolaborasi dengan sejumlah operator transportasi publik pengumpan (feeder) juga mendorong peningkatan angka keterangkutan. Lebih jauh lagi, moda pengumpan ini juga mengangkut dari kawasan hunian langsung menuju stasiun terdekat.
Kehadiran angkutan pengumpan ini akan berdampak tidak saja terhadap kenaikan angka keterangkutan, namun juga mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagi kendaraan (ride sharing). Secara angka, operator pengumpan ini menyumbang sekitar 22--23 persen angka keterangkutan dari total ridership MRT Jakarta.
Terhitung sejak Mei 2023 lalu, waktu operasional ratangga dan stasiun saat akhir pekan yang biasanya mulai pukul 6 dan berakhir pada pukul 24.00, menjadi pukul 5 hingga 24.00 sebagai bentuk dukungan terhadap aktivitas masyarakat pada akhir pekan di sepanjang jalur MRT Jakarta. Penambahan jam operasional pun dilakukan saat penyelenggaraan event dengan massa yang besar di sepanjang jalur MRT Jakarta seperti festival seni budaya atau perayaan pergantian tahun baru.
![BLM BCA](/sites/default/files/styles/large/public/2025-02/54299928699_0084538c5f_k.jpg?itok=R-wQBm_b)
Pada 2024, jumlah pengguna jasa MRT Jakarta mencapai 111 ribu orang per hari. Angka ini melampaui target 92 ribu orang per hari sepanjang 2024. PT MRT Jakarta (Perseroda) berterima kasih kepada masyarakat yang telah menaruh kepercayaannya terhadap layanan MRT Jakarta dan mitra-mitra pengumpannya sehingga lebih banyak orang yang menggunakan MRT Jakarta dalam mobilitas sehari-harinya.
Sebagai bagian dari inovasi dan mengikuti tren digital oleh masyarakat, pengguna jasa MRT Jakarta dapat menggunakan aplikasi MRT Jakarta di ponsel pintar untuk membeli tiket perjalanan, menggunakan poin penggunaan untuk ditukar dengan berbagai promo, bahkan menonton film dan bermain gim ponsel. Seluruh fitur gaya hidup ini bertujuan untuk memberikan pengalaman penuh kepada pelanggan saat menggunakan layanan MRT Jakarta.
Pembelian tiket rombongan (maksimal lima tiket per akun) melalui aplikasi di ponsel berbasis android pun dapat dilakukan sehingga memudahkan bagi pelanggan rombongan untuk bepergian. PT MRT Jakarta (Perseroda) juga menyediakan mesin top up uang elektronik keluaran bank di setiap stasiun. Inovasi melalui mesin tiket kertas kode QR juga disediakan untuk memudahkan masyarakat saat membeli tiket. Yang terbaru, PT MRT Jakarta (Perseroda) menyediakan mesin tiket kertas kode QR versi mobile, seperti mesin EDC, di mana pengguna jasa dapat memesan, membayar, dan mencetak tiket kertas melalui alat mobile yang dibawa oleh petugas stasiun saat kondisi sedang ramai.
Berita Lainnya
-
Dukung Pengembangan Transportasi Publik di Indonesia, PT MRT Jakarta (Perseroda) Kerja Sama dengan Balai Pengelola Kereta Api Ringan, Palembang, Sumatra Selatan
17 August 2022 -
Dewan Komisaris Apresiasi Inovasi Dalam Pembangunan Fase 2A
17 January 2022 -
Tingkatkan Inovasi dan Kolaborasi, MRT Jakarta Kembali Hadirkan Program MRTJ Incubator 2022
13 December 2021