Peringati Hari Disabilitas Internasional 2024, MRT Jakarta Luncurkan Pin Prioritas Edisi Terbaru
PT MRT Jakarta (Perseroda) meluncurkan pin prioritas edisi terbaru. Peluncuran dilaksanakan dalam perayaan Hari Disabilitas Internasional 2024 yang diperingati setiap tanggal 3 Desember. Tahun ini, peringatan Hari Disabilitas Internasional mengusung tema memperkuat kepemimpinan penyandang disabilitas untuk masa depan yang inklusif dan berkelanjutan. Peringatan tahunan ini dipusatkan di Creative Hall Stasiun Bundaran HI pada Selasa (3-12-2024) dan dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari komunitas penyandang disabilitas.
Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Mega Tarigan menyampaikan bahwa PT MRT Jakarta (Perseroda) menyadari sepenuhnya bahwa sistem transportasi publik seyogianya dapat diakses oleh siapapun sebab hal itu merupakan hak setiap warga negara. “Fasilias umum sudah seharusnya dapat dinikmati oleh siapapun, tanpa kecuali. Oleh karena itu, MRT Jakarta sangat mendorong setiap upaya menghadirkan layanan yang inklusif dan universal bagi semua orang, termasuk pelanggan prioritas seperti ibu hamil, pelanggan dengan penyakit kronis, lansia, hingga teman-teman penyandang disabilitas,” ungkap Mega.
Dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional 2024 ini, tambahnya, MRT Jakarta ingin kembali menegaskan dukungan terhadap penyediaan sistem transportasi publik yang inklusif dan terus meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pelanggan prioritas.
Peluncuran pin prioritas ditandai dengan penyematan secara simbolis kepada perwakilan komunitas yang termasuk pelanggan prioritas seperti perkumpulan Persatuan Penyintas Stroke Indonesia dan Gerakan Aksesibilitas Umum Nasional.
“Terima kasih kepada MRT Jakarta, telah menyediakan pin prioritas ini. Sebagai orang tuli, secara fisik, kami tetap terlihat seperti orang lain pada umumnya. Kenyataannya, ada beberapa hal yang membutuhkan bantuan secara khusus. Oleh karena itu, kami berharap dengan pin prioritas ini, petugas di stasiun atau pelanggan lainnyadapat memahami hal tersebut,” jelas Nenti Nababan, salah seorang penyandang disabilitas tuli yang menerima pin pelanggan prioritas.
Hal serupa disampaikan oleh Sofie Mochtar, pengguna kursi roda. “Bagi kami, pin pelanggan prioritas ini merupakan bentuk penghargaan terhadap kami sebagai pengguna transportasi publik. Kami mengucapkan terima kasih kepada tim MRT Jakarta atas pin ini,” pungkasnya. Selain penyematan pin pelanggan prioritas, acara peringatan ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan seni budaya dari Senior Club Indonesia dan Institut Musisi Jalanan.
Bagi pelanggan yang ingin mendapatkan pin ini, dapat mengajukan langsung saat berada di stasiun atau melalui:
1. Sosial media MRT Jakarta (instagram, tiktok, facebook, whatsapp resmi),
2. tautan: pin-prioritas.jakartamrt.co.id,
3. E-mail,
4. Live chat whatsapp atau aplikasi, dan
5. Contact center 1500 332.
Pin pelanggan prioritas dapat diambil dua hari setelah proses pengajuan pin di stasiun yang telah ditentukan oleh pelanggan. Saat pengambilan pin, pelanggan perlu membawa kartu identitas penduduk serta dokumen lainnya yang diminta saat pengajuan.