Skip to main content

Pengguna Jasa MRT Jakarta Beranjak Naik

Dirut William
Direktur Utama William Sabandar saat menyampaikan perkembangan terbaru MRT Jakarta dalam Forum Jurnalis Maret 2021. Tangkapan layar oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya.

Setelah jumlah keterangkutan (ridership) MRT Jakarta pada 2020 turun drastis akibat pandemi, pada Januari 2021 mulai menunjukkan tanda-tanda membaik. Hingga pertengahan Maret 2021 ini, MRT Jakarta mencapai angka keterangkutan di atas 20 ribu orang per hari. Bahkan, pada hari kerja Senin—Jumat, dapat mencapai 24 ribu orang per hari. Sedangkan pada akhir pekan mencapai sekitar 18 ribu orang per hari. Diharapkan angka ini terus bergerak naik dan mencapai target 65 ribu orang per hari pada akhir 2021 ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar saat memaparkan perkembangan terbaru MRT Jakarta kepada tidak kurang dari 35 jurnalis dalam Forum Jurnalis yang berlangsung secara virtual pada Rabu (17-3-2021) lalu. “Pada Maret ini, rata-rata per hari mencapai 20.728 orang. Pertama kali sejak Maret 2020 lalu MRT Jakarta mulai mencatatkan angka keterangkutan yang signifikan,” tutur ia. “Kita berharap angka ini makin naik terus ke target kita 65 ribu pada akhir tahun ini. Kami mohon dukungan teman-teman jurnalis untuk tetap menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa MRT Jakarta ialah transportasi yang selalu aman,” imbuh ia.

OTP 2019--2021
Ketepatan waktu MRT Jakarta mencapai 99,95 persen. Tangkapan layar oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Nasrullah.

William juga menyampaikan bahwa MRT Jakarta terus berinovasi terkait peningkatan keterangkutan tersebut. “Salah satunya yang terus kita dorong sejak sebelum pandemi ialah aplikasi MRT Jakarta. Versi 3 kali ini menyediakan fitur seperti pinjam buku digital, ticket reminder, rate your trip dengan memberikan bintang terhadap perjalanan Anda, dan kartuku loyalty program yang terkait dengan promo,” jelas ia. Selain itu, tambah William, banyak program kolaborasi yang bertujuan agar meningkatkan kepercayaan masyarakat dapat menggunakan transportasi publik.

Jelang dua tahun beroperasinya, setidaknya sejak 24 Maret 2019 sampai dengan 16 Maret 2021, MRT Jakarta telah mengangkut lebih dari 35,5 juta orang dengan 155.640 jumlah perjalanan ratangga tanpa pembatalan perjalanan dan dengan ketepatan waktu mencapai 99,95 persen. Pencapaian tersebut merupakan hasil kolaborasi dan kerja sama dengan banyak pihak, terutama dukungan oleh pemangku kepentingan dan seluruh elemen masyarakat.

Penulis: Nasrullah.