Skip to main content

Okupansi Retail dan UMKM di Stasiun Terus Meningkat

Image
UMKM LBB
Pelanggan MRT Jakarta melewati salah satu gerai UMKM di Stasiun Lebak Bulus. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda).

Perkembangan retail dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di stasiun MRT Jakarta terus meningkat. Hingga Desember 2024 ini, peningkatan telah mencapai 97 persen dibandingkan dengan tahun lalu yang berada di angka 83 persen. Sejumlah peningkatan terlihat dari penambahan mesin anjungan tunai mandiri (ATM), berbagai gerai baru, hingga layanan fasilitas publik. Bahkan, dari aspek UMKM, terdapat penambahan area UMKM hingga program pengembangan kapasitas bagi gerai-gerai tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud dalam Forum Jurnalis Desember 2024 yang digelar pada Selasa (17-12-2024) di MRT Jakarta Visitor Center di Stasiun Jakarta Kota (Beos), Jakarta Barat. Tercatat sekitar 30 jurnalis hadir dalam gelaran tutup tahun tersebut. Turut hadir menyampaikan kilas balik MRT Jakarta 2024, Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat dan Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta (Perseroda) Weni Maulina yang memaparkan perkembangan konstruksi fase 2A.

“Kehadiran gerai retail dan UMKM di stasiun MRT Jakarta merupakan bagian dari pendukung gaya hidup pengguna transportasi publik. Beragam pilihan makanan dan minuman serta minimarket misalnya, menjadi salah satu faktor penting dalam memberikan layanan dan pengalaman bagi pelanggan MRT Jakarta,” tambah Farchad. Saat ini, lanjut ia, terdapat lebih dari 60 gerai tenant yang tersebar di 13 stasiun. Sepanjang 2024, retail dan UMKM berkontribusi sekitar 8 persen dari pendapatan nontiket MRT Jakarta.

Image
FTM Indomaret
Area UMKM di Stasiun Fatmawati Indomaret. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda).
​​​​​ 

Di kesempatan berbeda, co-founder Maldorf’s Nicky Sutandi, mengungkapkan bahwa peningkatan penjualan produknya cukup siginifikan sejak membuka gerai di Stasiun Lebak Bulus pada Maret 2024. “Peningkatan penjualannya di luar ekspektasi, sih, Hari kerja Senin—Kamis paling ramai pembeli. Selain menyediakan lokasi gerai, MRT Jakarta juga memberikan pelatihan dan pembekalan untuk menambah wawasan bisnis,” ujarnya.

Kehadiran berbagai gerai di stasiun merupakan bagian dari pelayanan MRT Jakarta kepada pelanggan. Bahkan, berdasarkan survei kepuasan pelanggan dari komunitas metro dunia, MRT Jakarta menempati peringkat tertinggi dan kehadiran gerai di stasiun menjadi bagian dari capaian tersebut.

Informasi tentang bisnis retail dan UMKM di MRT Jakarta dapat diperoleh melalui situs web: https://bisnis.jakartamrt.co.id/tenants