Skip to main content

9.700 Peserta Ikuti Jakarta Half Marathon 2023

Image
JHM 2023
Peserta kategori 21K sesaat setelah flag off. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 20-8-2023. 

9.700 orang tercatat mengikuti ajang Jakarta Half Marathon 2023. Ajang yang mendapat dukungan penuh dari PT MRT Jakarta (Perseroda) dan Bank DKI ini digelar pada Minggu (20-8-2023) dan berpusat di kawasan Monumen Nasional yang menjadi area start dan finish lomba. Acara dibuka langsung oleh Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi. Terlihat Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat dan Presiden Intelligent Transport System (ITS) Indonesia William Sabandar mendampingi.

“Pagi ini, MRT Jakarta, Pemerintah Daerah DKI Jakarta, dan jajaran BUMD menyelenggarakan Jakarta Half Marathon 2023. Berdasarkan informasi dari Dirut MRT Jakarta, terdapat 9.700 peserta. Ini merupakan semangat kita untuk mempromosikan DKI Jakarta dan mempromosikan MRT Jakarta agar semakin banyak lagi masyarakat menggunakan transportasi umum,” ungkap Heru. “JHM 2023 ini memiliki keistimewaan karena digelar dalam rangka mendukung “Keketuaan Indonesia ASEAN 2023” dan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. Gelaran ini menjembatani pelari dari berbagai kalangan untuk berkompetisi dan merasakan kemajuan dari Intelligent Transport System (ITS) di DKI Jakarta,” tambahnya.

Ajang JHM 2023 terdiri dari tiga kategori, yaitu 5K, 10K, dan 21K. Seluruh rute tiga kategori lomba telah mendapatkan sertifikasi Grade A dari Association of International Marathons and Distance Races/AIMS yang menjadi mitra organisasi World Athletics. Sertifikat ini berlaku hingga lima tahun ke depan.

Image
JHM 2023 podium
Direktur Utama Tuhiyat berfoto bersama pemenang kategori 5K kelas master B. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 20-8-2023. 

Tuhiyat menyampaikan bahwa jalur yang dilewati memberikan kesempatan kepada peserta untk melihat pemandangan jalan-jalan protokol Jakarta. “Peserta disajikan pemandangan urban perkotaan dari Monas menyusuri jalan dari Silang Tenggara Monas menuju Jalan Merdeka Selatan, M.H. Thamrin, Sudirman, hingga Sisingamangaraja,” ujarnya. “Sebagai pengelola utama kawasan berorientasi transit di fase 1 MRT Jakarta, kami berupaya untuk menghadirkan kawasan di sekitar stasiun menjadi lebih ramah pejalan kaki dan nyaman untuk digunakan oleh masyarakat,” pungkasnya.

Salah satu dukungan dari aspek operasional ialah khusus pada hari pelaksanaan JHM 2023, MRT Jakarta beroperasi mulai pukul 03.05 WIB dengan selang waktu keberangkatan 20 menit. Layanan ini bertujuan agar peserta yang ingin menuju ke lokasi lomba dapat menggunakan transportasi publik. Di area race village pun tersedia beragam gerai produk UMKM, panggung hiburan musik, hingga gerai foto. Fasilitas yang disediakan pun sangat memanjakan peserta.

Salah satu peserta, Damey, mengapresiasi penyelenggaraan acara ini. “JHM 2023 ini bisa dibilang sebagai ikon event Jakarta masa kini. Rapi, teratur, akses mudah menuju area race village. Selama event pun jalurnya steril dan signagenya jelas. Pemilihan monas sebagai area start dan finish juga pas karena luas sehingga tidak berdesak-desakan,” ujarnya. Ia menambahkan bahwa lomba ini merupakan bagian dari persiapannya mengikuti lomba maraton kategori 21K di Bali akhir Agustus ini. Hal senada dirasakan oleh Nasrul, peserta kategori 21K. “Dari proses pengambilan race pack, jalur yang dijaga dengan baik, penempatan water station yang tepat, hingga hiburan di race village, saya rasa Jakarta Half Marathon 2023 telah memberi standar bagaimana sebuah lomba lari diselenggarakan,” pungkasnya.