Skip to main content

MRT Jakarta Pertahankan Ketepatan Waktu 100 persen pada April 2023

Image
penumpang
Pengguna jasa MRT Jakarta sedang menunggu ratangga di peron Stasiun Lebak Bulus Grab. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 6-5-2023

Pada April 2023, MRT Jakarta mempertahankan ketepatan waktu tempuh, kedatangan, dan berhenti ratangga 100 persen. Ini merupakan komitmen PT MRT Jakarta (Perseroda) sebagai operator MRT Jakarta dalam menyediakan layanan berkelas internasional yang aman, nyaman, dan andal. Sepanjang April 2023 pula, tercatat 2.079.745 orang menggunakan layanan MRT Jakarta. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa rata-rata per hari sekitar 69.325 orang menggunakan MRT Jakarta dengan total jumlah perjalanan kereta sebanyak 7.270 perjalanan. Angka tersebut dipengaruhi oleh jadwal libur masa lebaran 2023.

Untuk menaikkan angka keterangkutan, PT MRT Jakarta (Perseroda) bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama dari industri wisata seperti sektor kuliner, aktivitas, hingga pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, hingga promo tiket di sejumlah tempat wisata. Kerja kolaborasi dengan sejumlah operator transportasi publik pengumpan (feeder) juga mendorong peningkatan angka keterangkutan seperti PPD, Damri, Tebengan, gojek, grab, transjakarta, bluebird, dan Swoop. Kehadiran angkutan pengumpan ini akan berdampak tidak saja terhadap kenaikan angka keterangkutan, namun juga mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagi kendaraan (ride sharing). Secara angka, selama Maret 2023 saja, operator pengumpan ini menyumbang sekitar 23 persen angka keterangkutan dari total ridership MRT Jakarta.

Image
penumpang
Lalu lalang pengguna jasa MRT Jakarta di Stasiun Bundaran HI. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya. 6-5-2023

Pada 2022, jumlah pengguna jasa MRT Jakarta mencapai 54 ribu orang per hari. Angka ini melampaui target 50 ribu orang per hari sepanjang 2022. Pada 2023 ini, PT MRT Jakarta (Perseroda) menargetkan 70 ribu orang per hari pada akhir tahun. Kuartal pertama 2023 ini, angka keterangkutan telah menyetuh 81 ribu orang per hari. PT MRT Jakarta (Perseroda) optimistis target tersebut dapat tercapai. Perusahaan berterima kasih kepada masyarakat yang telah menaruh kepercayaannya terhadap layanan MRT Jakarta dan mitra-mitra pengumpannya sehingga lebih banyak orang yang menggunakan MRT Jakarta dalam mobilitas sehari-harinya.

Sebagai bagian dari inovasi dan mengikuti tren digital oleh masyarakat, pengguna jasa MRT Jakarta dapat menggunakan aplikasi MRT Jakarta di ponsel pintar untuk membeli tiket perjalanan, menggunakan poin penggunaan untuk ditukar dengan berbagai promo, bahkan menonton film dan bermain gim ponsel. Seluruh fitur gaya hidup ini bertujuan untuk memberikan pengalaman penuh kepada pelanggan saat menggunakan layanan MRT Jakarta. Pembelian tiket rombongan (maksimal lima tiket per akun) melalui aplikasi di ponsel berbasis android pun dapat dilakukan sehingga memudahkan bagi pelanggan rombongan untuk bepergian. PT MRT Jakarta (Perseroda) juga menyediakan mesin top up uang elektronik keluaran bank di setiap stasiun.