Skip to main content

Syarat dan Ketentuan

Pengguna dimohon untuk membaca, mempelajari, memahami syarat dan ketentuan yang berlaku di dalam aplikasi seluler MRT Jakarta ("MRTJ Apps") dan apabila Pengguna setuju, maka Pengguna diharapkan untuk mematuhi segala syarat dan ketentuan yang telah diatur dalam MRTJ Apps dan secara otomatis Pengguna dianggap telah bersedia untuk mengikatkan diri dan syarat beserta ketentuan ini dianggap sebagai bentuk Perjanjian antara PT MRT Jakarta (Perseroda) ("MRTJ") dengan Pengguna. Dalam hal Pengguna tidak menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku, maka Pengguna dapat menghentikan penggunaan MRTJ Apps.

Pengguna dalam hal ini adalah setiap orang dan/atau badan usaha ("Pengguna") dan dilindungi secara hukum melalui Undang Undang Republik Indonesia No. 11 tahun 2018 tentang Informasi dan Teknologi, Undang Undang Republik Indonesia No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta, dan terhadap segala bentuk perikatan yang timbul dari segala aktivitas pada MRTJ Apps serta telah memenuhi kaidah dan syarat sahnya suatu perikatan sebagaimana yang tercantum dalam Kitab Undang Undang Hukum Perdata Indonesia.

Pelanggan adalah subjek hukum yang melakukan kegiatan pembelian (“Transaksi”) tiket perjalanan kereta MRTJ (“Tiket”) di aplikasi seluler MRTJ (“e-ticket Ratangga”).

PENDAHULUAN

Dalam Perjanjian ini Pengguna adalah subjek hukum orang perseorangan, dan/atau badan hukum yang sah, baik warga negara Indonesia, warga negara asing, yang memiliki kemampuan menggunakan komputer, jaringan komputer dan/atau media elektronik lainnya dan telah melakukan pendaftaran di MRTJ Apps.

Pengguna memahami dan mengetahui secara sadar bahwa MRTJ dapat mengubah syarat dan ketentuan di dalam MRTJ Apps ini sewaktu-waktu dan akan memasukkan versi terbarunya di dalam MRTJ Apps. Pengguna wajib untuk membaca syarat dan ketentuan ini secara periodik sehingga Pengguna dianggap telah mengetahui dan memahami segala bentuk perubahan yang ditampilkan di dalam MRTJ Apps.

LAYANAN MRTJ APPS

e-ticket Ratangga

Sebuah layanan yang disediakan oleh MRTJ berupa pembelian tiket elektronik perjalanan kereta MRTJ

Informasi Stasiun

Sebuah layanan berisi tentang informasi di setiap stasiun MRTJ, informasi yang tersedia seperti lokasi fasilitas umum, peta stasiun, toko retail di dalam stasiun, dan lainnya

Pembayaran

MRTJ telah bekerjasama dengan beberapa lembaga penyedia jasa sistem pembayaran ("Kanal Pembayaran"), seperti DANA, LINKAJA, OVO, dan GOPAY yang digunakan sebagai media pembayaran pembelian e-ticket Ratangga

Riwayat Transaksi

Informasi yang disediakan untuk melihat beberapa hari terakhir Transaksi e-ticket Ratangga Pengguna

WEWENANG MRTJ

MRTJ berhak untuk menolak Pengguna yang akan mendaftar di dalam MRTJ Apps dalam hal sebagaimana diatur di dalam “Batasan Sebagai Pengguna” pada syarat dan ketentuan aplikasi seluler MRTJ.

MRTJ dapat membatasi dan/atau menghentikan penggunaan layanan bagi Pengguna sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dulu apabila di kemudian hari MRTJ menemukan suatu Pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna.

BATASAN SEBAGAI PENGGUNA

Setiap Pengguna dalam menggunakan fitur dan layanan pada MRTJ Apps tidak diperkenankan;

  • Melanggar setiap hukum yang berlaku dan termasuk tetapi tidak terbatas pada peraturan mengenai pemalsuan e-ticket Ratangga, memperjualbelikan e-ticket Ratangga, hak-hak pihak lain baik hak intelektual, asasi, dan lainnya, dan aturan-aturan berlaku di Indonesia.
  • Menyebarkan spam, tindakan-tindakan asusila, atau pesan elektronik yang berjumlah besar, pesan bersambung;
  • Menyebarkan / menyimpan / menempatkan virus atau seluruh teknologi lainnya yang sejenis (malware) yang dapat merusak dan/atau merugikan layanan pada MRTJ Apps, afiliasinya dan Pengguna lainnya;
  • Memasukkan atau memindahkan fitur pada layanan pada MRTJ Apps tidak terkecuali tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari MRTJ; dan
  • Menyimpan, meniru, mengubah, atau menyebarkan konten dan fitur layanan MRTJ Apps termasuk cara pelayanan, konten, hak cipta dan intelektual yang ada di dalamnya.

Pengguna dilarang untuk menyalin, menggunakan, mengambil atau mengunduh semua informasi, tulisan, gambar, rekaman video, direktori, dokumen, database atau pariwara yang ada pada layanan MRTJ Apps atau yang diperoleh melalui layanan MRTJ Apps dengan tujuan apapun termasuk namun tidak terbatas pada diantaranya menjual kembali atau menyebarkan kembali isi, melakukan pemasaran massal melalui media email, pesan singkat terbatas (SMS), surat biasa atau lainnya, menjalankan usaha, memanfaatkan untuk keperluan komersial di luar Transaksi pada MRTJ Apps.

HAK DAN KEWAJIBAN PENGGUNA

Pengguna yang membuat akun pada MRTJ Apps memberikan sebuah username, nama, alamat e-mail dan sandi (password/PIN) saat proses pendaftaran akun.

Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan atas akun dan sandi (password/PIN) yang diberikan.

Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas segala kegiatan yang mengatasnamakan akun Pengguna.

Pengguna wajib memberitahukan kepada MRTJ setiap adanya dugaan penggunaan yang tidak sah dengan mengatasnamakan Pengguna.

Pengguna wajib memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun (log off) pada setiap akhir aktivitas pada layanan MRTJ Apps untuk menghidari penyalahgunaan akun milik Pengguna oleh pihak lain di luar Pengguna.

MRTJ berhak sepenuhnya untuk membatasi, memblokir, memperlambat, menghapus atau mengakhiri layanan dari suatu akun, melarang akses, konten dan mengambil langkah-langkah hukum untuk menjaga Pengguna lain jika MRTJ menganggap Pengguna melanggar ketentuan yang terdapat di dalam MRTJ Apps.

Bahwa Pengguna tidak diperkenankan menjual, memberikan, menyerahkan atau mengalihkan akun, identitas Pengguna atau sandi (password/PIN) kepada pihak ketiga tanpa sepengetahuan dan persetujuan tertulis sebelumnya dari MRTJ.

SYARAT PENGGUNA DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN MRTJ APPS

Pengguna wajib memasukkan data-data lengkap, benar dan sesuai dengan syarat-syarat yang berlaku saat melakukan pendaftaran di dalam layanan MRTJ Apps.

Pengguna wajib bekerjasama dan berhak memilih salah satu dan/atau semua Kanal Pembayaran Terdaftar untuk melakukan Transaksi di MRTJ Apps.

HAK DAN TANGGUNG JAWAB MRTJ

Kewajiban MRTJ hanya sebatas pada penyediaan layanan yang ada di MRTJ Apps.

MRTJ dibebaskan dari segala bentuk tanggung jawab dan/atau ganti kerugian akibat adanya kebocoran data Pelanggan.

MRTJ dapat menangguhkan atau menghentikan akun Pengguna atau akun pihak yang menerima pengalihan dari Pengguna yang telah dijual, ditawarkan untuk dijual, diberikan, diserahkan atau dialihkan dengan melanggar ketentuan di dalam MRTJ Apps. Dalam hal ini Pengguna melepaskan MRTJ dari segala bentuk tanggung jawab dan kerugian yang timbul akibat kelalaian Pengguna terhadap akun yang dimiliki Pengguna.

KEKAYAAN INTELEKTUAL

Pengguna dilarang menggunakan nama, logo dan/atau merek dagang MRTJ atau anak perusahaannya atau afiliasinya dalam setiap media apapun tanpa mendapatkan persetujuan tertulis sebelumnya dari MRTJ.

Pelanggaran atas ketentuan ini merupakan pelanggaran terhadap Perjanjian ini dan memberikan hak kepada MRTJ untuk mengajukan klaim dan/atau tuntutan hukum terhadap Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada mendapatkan ganti rugi untuk setiap kerugian yang dialami oleh MRTJ, anak perusahaannya dan/atau afiliasinya.

PENGEMBALIAN DANA (REFUND)

Refund adalah suatu kondisi dimana Pengguna mengajukan pengembalian sejumlah dana kepada MRTJ atas Transaksi yang dilakukan oleh Pelanggan di MRTJ Apps melalui Kanal Pembayaran Terdaftar tertentu dimana pengembalian tersebut akan dikreditkan ke saldo masing-masing Kanal Pembayaran Pelanggan.

Dalam hal pengajuan Refund, maka Pengguna dapat mengajukan hal tersebut kepada masing-masing Kanal Pembayaran Terdaftar sesuai dengan syarat dan ketentuan pembelian e-ticket Ratangga.

Pengguna wajib melengkapi dokumen pendukung serta alasan pengajuan Refund kepada MRTJ.

PEMBELIAN E-TICKET RATANGGA

Pengguna wajib terdaftar di salah satu dan/atau semua Kanal Pembayaran Terdaftar sebelum melakukan Transaksi di MRTJ Apps.

E-ticket Ratangga yang sah adalah dibeli melalui MRTJ Apps dengan menggunakan salah satu Kanal Pembayaran Terdaftar.

Pengguna wajib membayar sejumlah tagihan pada halaman pembayaran di MRTJ Apps untuk pembelian e-ticket Ratangga.

E-ticket Ratangga yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan. Harap meninjau ulang sebelum melakukan pembelian dan/atau pembayaran e-ticket Ratangga.

PEMERIKSAAN

MRTJ atau pihak yang ditunjuk oleh MRTJ berhak untuk sewaktu-waktu, melakukan pemeriksaan atas sistem terkait dengan Transaksi e-ticket Ratangga yang dilakukan oleh Pengguna.

Pengguna wajib memberikan akses kepada MRTJ atau pihak yang ditunjuk oleh MRTJ, Bank Indonesia, dan/atau Kanal Pembayaran Terdaftar untuk keperluan audit atas seluruh Transaksi e-ticket Ratangga yang dilakukan oleh Pengguna.

LARANGAN

Pengguna dilarang untuk melakukan tindakan-tindakan antara lain sebagai berikut:

  • melakukan usaha atau mencoba untuk melakukan upaya pemecahan kode, hacking, cracking, penetrasi virus penggunaan software, shareware, freeware ataupun membuat website palsu/tiruan yang bertujuan untuk mengganggu atau merusak MRTJ Apps dan/atau Kanal Pembayaran Terdaftar;
  • tanpa seizin MRTJ memperbanyak, meniru, mengopi, membajak, memalsukan dan atau mencoba meniru, mengopi, membajak atau memalsuan Kanal Pembayaran yang disediakan melalui MRTJ Apps (“Terdaftar”) maupun data apapun yang diperoleh atau berasal dari Kanal Pembayaran Terdaftar termasuk namun tidak terbatas pada source code, manual, sistem operasi, bahasa program, kode, skema ataupun bentuk lain baik sebagian maupun seluruhnya untuk kepentingan dan tujuan selain pelaksanaan syarat dan ketentuan ini; dan/atau
  • mengalihkan kepemilikan akun MRTJ Apps tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari MRJ.

PERNYATAAN DAN JAMINAN

Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa:

  • Pengguna akan mematuhi setiap peraturan dan atau ketentuan yang dikeluarkan oleh Kanal Pembayaran dan ketentuannya serta akan menanggung segala biaya dan atau denda yang dibebankan kepada Pengguna sesuai ketentuan peraturan dan/atau ketentuan dimaksud.
  • Pengguna akan menanggung dan mengganti segala biaya dan atau kerugian yang dialami oleh MRTJ sebagai akibat:
    1. kegagalan atau kelalaian Pengguna dalam memenuhi kewajibannya sebagaimana diatur dalam Perjanjian ini;
    2. pembebanan biaya, denda, dan atau penalti oleh Kanal Pembayaran Terdaftar kepada MRTJ sebagai akibat langsung maupun tidak langsung dari kegagalan atau kelalaian Pengguna dalam memenuhi kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini dan atau dalam mematuhi prosedur dan peraturan Kanal Pembayaran Terdaftar;
    3. timbulnya perselisihan antara Pengguna dan Kanal Pembayaran Terdaftar; dan
    4. kesalahan, kelalaian, dan/atau fraud terkait dengan Transaksi yang dilakukan oleh Pengguna.
  • Dalam hal Pengguna menemukan adanya Transaksi yang diindikasikan terkait fraud baik berdasarkan pemberitahuan dari bank maupun berdasarkan fraud detection system MRTJ, maka Pengguna akan segera:
    1. membatalkan Transaksi yang diindikasikan terkait fraud;
    2. melakukan investigasi atas Transaksi yang diindikasikan terkait fraud dimaksud dan segera melaporkan hasil investigasi yang dilakukan oleh Pengguna kepada MRTJ.

Pengguna akan memberikan informasi, data, dan bantuan lainnya dalam bentuk apapun yang diperlukan MRTJ dan atau pihak/instansi berwenang untuk keperluan investigasi kasus-kasus Transaksi yang terindikasi fraud.

PELANGGARAN DAN SANKSI

Pelanggaran adalah tindakan yang dilakukan oleh Pengguna dimana Pengguna melakukan satu atau lebih tindakan yang dilarang oleh MRTJ dalam syarat dan ketentuan pada MRTJ Apps.

MRTJ berhak untuk menunda atau menolak pembayaran tagihan Pengguna, memotong atau menagih kembali tagihan yang telah dibayarkan kepada Pengguna dalam hal:

  • Pengguna melanggar baik sebagian maupun seluruh ketentuan dalam Perjanjian ini;
  • adanya internal fraud yang dilakukan oleh Pengguna yang merugikan Kanal Pembayaran Terdaftar;
  • Pengguna melakukan kerja sama dengan pelaku kejahatan (fraudster) yang mengakibatkan kerugian bagi MRTJ atau anak perusahaannya atau afiliasinya dan/atau MRTJ Apps dan/atau Kanal Pembayaran Terdaftar;
  • Pengguna melakukan perbuatan melawan hukum lainnya yang merugikan MRTJ;
  • Pengguna memberikan data dan atau keterangan yang tidak benar; dan
  • Pengguna masuk dalam daftar hitam Kanal Pembayaran Terdaftar.

FORCE MAJEURE

Tiada satu pihak pun dalam syarat dan ketentuan ini yang akan diminta pertanggung jawabannya dalam hal tidak dapat memenuhi kewajibannya berdasarkan syarat dan ketentuan ini yang disebabkan oleh keadaan memaksa (force majeure), termasuk tetapi tidak terbatas kepada bencana alam, kebakaran, huru-hara, perang/kudeta, gangguan dan kerusakan pada server atau jaringan telekomunikasi yang bukan disebabkan karena kelalaian Pengguna maupun MRTJ, pemadaman listrik yang berlangsung untuk waktu yang cukup lama dan tidak dapat dilakukan backup dengan genset, dan adanya kebijakan dari pemerintah.

Dalam hal terjadi salah satu atau beberapa kejadian dan/atau peristiwa Force Majeure, Pihak yang mengalaminya wajib memberitahukan secara tertulis kepada Pihak lainnya mengenai terjadinya peristiwa Force Majeure tersebut dalam waktu selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender terhitung sejak tanggal terjadinya force majeure, untuk diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat.

Apabila Pihak yang mengalami force majeure tersebut lalai untuk memberitahukan kepada Pihak lainnya dalam kurun waktu sebagaimana dimaksud dalam ayat 2 Pasal ini, maka seluruh kerugian, risiko dan konsekuensi yang timbul, menjadi beban dan tanggung jawab Pihak yang lalai memberitahukan force majeure tersebut.

INFORMASI RAHASIA

Dalam hal terdapat kegiatan tukar-menukar informasi rahasia, maka Pengguna wajib :

  • akan memastikan bahwa setiap informasi baik lisan maupun yang tertulis atau dengan cara lain yang dikomunikasikan atau diungkapkan sehubungan dengan Perjanjian ini dan pelaksanaannya merupakan hal yang bersifat rahasia (“Informasi Rahasia”);
  • tidak mengungkapkan suatu Informasi Rahasia dengan cara apapun dan dalam bentuk apapun kepada pihak lain, tanpa adanya persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak pemberi Informasi Rahasia; dan
  • Pengguna sepakat tidak akan menggunakan Informasi Rahasia untuk tujuan selain untuk alasan pelaksanaan kewajibannya berdasarkan syarat dan ketentuan MRTJ Apps ini.

Kewajiban atas kerahasiaan ini tidak berlaku untuk informasi yang secara umum tersedia untuk publik tanpa dilakukannya suatu tindakan atau kelalaian pada pihak penerima, atau menjadi diketahui oleh pihak penerima melalui pihak ketiga dengan perolehan serta mekanisme yang tidak bertentangan dengan Perjanjian ini dan ketentuan hukum yang berlaku, atau dipersyaratkan untuk diungkapkan oleh undang-undang, perintah pengadilan atau permintaan oleh pemerintah. Sehubungan dengan pengungkpan Informasi Rahasia karena dipersyaratkan oleh undang-undang, perintah pengadilan atau permintaan pemerintah ini, maka pihak yang akan mengungkapkan wajib memberitahukan kepada pihak pemberi Informasi Rahasia dalam waktu 14 (empat belas) hari kerja sebelumnya.

Pengumuman, pernyataan pers, komunikasi, atau edaran (selain yang dipersyaratkan oleh undang-undang atau peraturan) mengenai MRTJ Apps ini tidak akan dibuat atau dikirim oleh salah satu Pihak tanpa persetujuan Pihak lainnya. Persetujuan ini tidak akan ditahan tanpa alasan yang wajar.

PENYELESAIAN PERSELISIHAN

Para Pihak sepakat Perjanjian ini tunduk, diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.

Apabila Para Pihak tidak dapat menyelesaikan perselisihan yang timbul dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak perselisihan timbul, maka Para Pihak sepakat untuk menyelesaikannya melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Para Pihak dengan ini sepakat memilih domisili hukum yang umum dan tetap pada kantor kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta.

Para Pihak sepakat untuk tetap melaksanakan kewajiban-kewajibannya menurut Perjanjian ini selama proses penyelesaian perselisihan.