Skip to main content

Sembilan Program Prioritas Layanan Pengguna MRT Jakarta

Image
FTM Indomaret
Calon penumpang ratangga menunggu di peron Stasiun Fatmawati Indomaret. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya.

PT MRT Jakarta (Perseroda) memprioritaskan sembilan program layanan bagi pengguna MRT Jakarta. Sembilan program tersebut meliputi service excellence, mitra pengumpan (feeder), metode pembayaran tiket, promo gaya hidup, event and attraction, wisata, loyalty and gamification, mobility management, dan hunian TOD serta fasilitas di stasiun sebagai penunjang gaya hidup. Strategi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan daya hidup commuting para pengguna jasa MRT Jakarta.

Program kerja sama mitra pengumpan misalnya. Pada September 2023, program ini berkontribusi sebesar 22,43 persen dari total pengguna jasa MRT Jakarta. Berbagai promo memberikan pilihan biaya transportasi hemat bagi masyarakat. Yang terbaru, MRT Jakarta bekerja sama dengan DAMRI JR Connexion menyediakan layanan pengumpan rute PIK 2—Stasiun Blok M BCA dan mulai beroperasi pada Rabu (25-10-2023) lalu. Layanan pilihan mobilitas ini merupakan salah satu upaya mendorong lebih banyak lagi masyarakat menggunakan transportasi publik yang aman dan nyaman sebagai moda mobilitas sehari-harinya.

Selain itu, melalui program event and attraction, MRT Jakarta bahkan memperpanjang jam operasionalnya saat ada gelaran internasional yang dihadiri puluhan ribu pengunjung di area Gelora Bung Karno (GBK). Saat konser musik band Coldplay, MRT Jakarta memperpanjang jadwal operasionalnya hingga pukul 01.30 WIB dan berhasil mencatatkan rekor jumlah pengguna tertinggi sejak operasionalnya Maret 2019 silam, yaitu lebih dari 163 ribu orang dengan 13 ribu orang pengguna pada jam operasional tambahan tersebut.

Beragam program prioritas tersebut merupakan bentuk reposisi layanan MRT Jakarta untuk mendukung gaya hidup perkotaan bagi penggunanya. Sebelumnya, MRT Jakarta hanya memfokuskan layanannya di dalam stasiun seperti gerai dan vending machine sebagai penyedia layanan transportasi dasar. Kini, melalui transformasi digitalnya, MRT Jakarta menciptakan gaya hidup di dalam dan luar stasiun.

Selain program yang bersifat layanan pelanggan, PT MRT Jakarta (Perseroda) juga membangun dan mengembangkan kawasan di sekitar stasiun dengan penyediaan infrastruktur transit dan integrasi yang aman dan nyaman sehingga menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi publik.

Sejak pertama kali diluncurkan pada Maret 2019 silam, jumlah pengguna MRT Jakarta terus meningkat. Kini, per Oktober 2023, tercatat lebih dari 101 ribu orang menggunakan MRT Jakart setiap harinya. Bahkan, pada hari kerja senin—jumat, pengguna MRT Jakarta telah mencapai 114 ribu orang per hari. Angka ini merupakan bukti bahwa apabila moda transportasi publik memberikan rasa aman, nyaman, dan dapat diandalkan, maka masyarakat akan tergerak untuk menggunakannya.