Skip to main content

MRT Jakarta Gelar Pelatihan Perdana Service Excellent Academy

Image
SEA
Peserta pelatihan mendengarkan penjelasan dari petugas stasiun terkait mesin penjual tiket. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya.

“Kami merasa punya tanggung jawab untuk berbagi pengalaman MRT Jakarta selama ini. Hal itu merupakan komitmen kami untuk memajukan dan bersama-sama mendorong layanan yang terbaik bagi masyarakat, terutama dalam bidang jasa. Dalam pelatihan ini, kami ingin Bapak dan Ibu tidak hanya belajar tentang kesuksesan, melainkan juga tentang bagaimana MRT Jakarta memperbaiki kesalahan dan berinovasi,”

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi saat membuka pelatihan perdana MRT Jakarta Service Excellent Academy bertajuk Mastering Service Excellent Beyond Expectations di Stasiun Blok M BCA, Jakarta Selatan, pada Rabu—Kamis (23—24-8-2023) lalu. “Sebelum kami mulai beroperasi, bahkan awal-awal dulu, kami belajar banyak dari setiap operator negara lain yang terlebih dulu beroperasi. Lalu kami gabungkan dengan budaya orang Indonesia. Hasilnya, berdasarkan indikator dari Community of Metro, dalam empat tahun operasional MRT Jakarta, kami berhasil memenuhi 90 persen indikator tersebut,” ujarnya.

“Kami berharap setelah dari pelatihan ini, Bapak dan Ibu mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dari belajar konsep dan juga pengalaman langsung nanti di stasiun oleh petugas kami,” ucapnya.

Pelatihan pertama ini menghadirkan Station Head PT MRT Jakarta (Perseroda) M. Nasha Suprapto dan Professional and Executive Coach Arnold P. Bolang. Pelatihan diikuti oleh 14 orang peserta dari beragam latar belakang seperti karyawan hingga mahasiswa.

Image
SEA
Peserta pelatihan juga berkesempatan mendengarkan langsung pengalaman dari manajer stasiun. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda)/Irwan Citrajaya.

Dalam pelatihan yang digelar selama dua hari ini, setiap peserta mendapatkan materi tentang menetapkan pola pikir, tingkatan, etika, dan komunikasi dalam pelayanan. Tidak hanya teori dan konsep serta diskusi dalam ruangan, setiap peserta mendapatkan pengalaman langsung di stasiun MRT Jakarta untuk mengobservasi dan berdiskusi dengan petugas.

Salah satu peserta, Dwi Eki Liansyah, menyatakan kesannya terhadap pelatihan ini. “Saya sangat terkesan dengan acara ini karena banyak materi yang belum pernah saya dapatkan tentang service excellent. Mudah-mudahan dengan adanya training ini, saya bisa menerapkan di perusahaan saya bekerja dan inovasi di MRT Jakarta bisa berkembang lebih baik lagi. Harapannya saya bisa menjadi lebih mengetahui tentang service excellent di MRT Jakarta,” pungkas pria yang bekerja di salah satu perusahaan nutrisi global dan weight management ini.