Skip to main content

124.163 Orang Tercatat Gunakan Ratangga pada Hari Terakhir 2023

Image
malam thaun baru
Suasana di dalam ratangga saat perayaan malam tahun baru 2024. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda).

Sebanyak 124.163 orang menggunakan layanan MRT Jakarta pada Minggu (31-12-2023). Angka ini naik 75,8 persen apabila dibandingkan dengan hari terakhir 31 Desember 2022 lalu. Dari angka tersebut, 17 ribu lebih merupakan pengguna jasa MRT Jakarta pada pukul 00.00—02.00 WIB, jadwal operasional khusus yang diberlakukan saat penyelenggaraan perayaan malam pergantian tahun 2024.

Sejak pukul 18.00, jumlah pengguna mulai terlihat naik dari jam sebelumnya. Jumlah pengguna makin meningkat menjelang puncak pergantian tahun, yaitu sekitar pukul 21.00—24.00 dengan total mencapai lebih dari 33 ribu orang.

PT MRT Jakarta (Perseroda) mengucapkan terima kasih kepada ribuan masyarakat yang telah menggunakan MRT Jakarta saat memeriahkan malam pergantian tahun baru 2024. Bagi Perseroan, hal tersebut menunjukkan kepercayaan terhadap layanan transportasi publik di Jakarta dan juga bentuk nyata perubahan gaya mobilitas masyarakat perkotaan yang memilih menggunakan transportasi publik saat bepergian di Jakarta, termasuk menghadiri perayaan seperti pergantian malam tahun baru. PT MRT Jakarta (Perseroda) mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan yang memberikan perpanjangan jam operasional hingga 02.00 WIB.

Image
peron
Masyarakat memadati peron. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda).

Perpanjangan jam operasional seperti ini telah beberapa kali dilakukan oleh MRT Jakarta sebagai bentuk dukungan terhadap gaya hidup masyarakat perkotaan Jakarta ketika menghadiri acara-acara yang diselenggarakan di sekitar Stasiun MRT Jakarta. Misalnya saat konser berkelas internasional yang dihadiri oleh puluhan ribu pengunjung. Hal ini merupakan dukungan MRT Jakarta. Ke depannya, PT MRT Jakarta (Perseroda) akan terus meningkatkan layanan agar keinginan masyarakat Jakarta untuk menggunakan transportasi publik sebagai moda transportasi sehari-hari terus meningkat.

Hingga akhir 2023, angka keterangkutan MRT Jakarta telah menembus lebih dari 101 ribu orang perhari. Bahkan pada senin—jumat, ridership ratangga telah mencapai 114 ribu orang per hari. Per Mei 2023 pula, jadwal operasional MRT Jakarta pada akhir pekan diperpanjang mulai pukul 05.00 hingga pukul 24.00 WIB sebagai bentuk dukungan MRT Jakarta terhadap geliat masyarakat Jakarta saat akhir pekan.