Teknologi

Communication Based Train Control (CBTC) dan Automatic Train Operation (ATO)

Sistem persinyalan kereta MRT Jakarta memakai Communication Based Train Control (CBTC), yaitu sistem persinyalan kereta dengan frekuensi radio (RF) sebagai komunikasi data antarberbagai sub-sistem yang terintegrasi, sesuai dengan standard IEEE 1474.1 dan JIS E 3801-1. Sistem ini menggunakan Moving Block dengan aspek sinyal yang berada pada kabin masinis (Cabin Signal).

Cabin Signal adalah aspek sinyal untuk panduan perjalanan kereta yang tampak di dalam tampilan kabin masinis. Dengan menggunakan Moving Block, dimungkinkan blok kereta yang fleksibel, berubah-ubah, dan bergerak sesuai dengan pergerakan kereta dan parameternya. Sistem ini berbeda dengan sistem Fixed Block (konvensional) yang digunakan oleh kereta di Indonesia saat ini di mana track dibagi per section/block. Di sistem kereta MRT Jakarta, Wayside Signal hanya akan digunakan di area depo kereta berupa sinyal langsir. Pada Main Line, Wayside Radio Set (WRS) berada di sepanjang jalur kereta untuk menjaga agar komunikasi antara Operation Control Center (OCC) dan kereta selalu terhubung.

Sistem persinyalan CBTC dibagi menjadi empat bagian penting, yaitu peralatan Automatic Train Supervisory (ATS) yang berada di Operation Control Center (OCC), peralatan Wayside di sepanjang jalur kereta, peralatan On-board yang berada di kabin masinis, dan jaringan data komunikasi yang menghubungkan antara peralatan Wayside dan On-board. CBTC menggunakan tiga fungsi filter (TDMA, FDMA, CDMA) untuk menjamin keandalan dan keamanan komunikasi CBTC dari komunikasi luar yang dapat mengganggu persinyalan kereta.

CBTC kereta MRT Jakarta akan menggunakan Grade of Automation level 2 (GoA 2); dalam pengoperasiannya dikategorikan sebagai semi otomatis. Pada level ini, masinis bertugas mengendalikan keberangkatan dan buka-tutup pintu kereta, serta melakukan penanganan yang dibutuhkan pada keadaan darurat. Selebihnya—dalam perjalanan kereta, percepatan, perlambatan, pengaturan kecepatan, pengereman—diatur secara otomatis oleh sistem.