Berita & Update

Archive

  • PLN Siap Dukung Pasokan Listrik MRT Jakarta

    13 Apr , 2017

    Salah satu hal penting dalam layanan MRT Jakarta yang akan mulai beroperasi pada Maret 2019 adalah jaminan pasokan listrik bagi seluruh armada keretanya. Untuk itu, Rabu (12/4) lalu PT MRT Jakarta melakukan rapat koordinasi dengan PT PLN (Persero) guna membahas rencana dan strategi pasokan listrik kereta MRT Jakarta. Dalam rapat yang berlangsung intensif di Plaza Blok M tersebut hadir Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta, Agung Wicaksono, Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, Silvia Halim, Direktur Bisnis PT PLN Regional Jawa Bagian Barat, Murtaqi Syamsuddin, serta beberapa staf terkait dari kedua perusahaan.

    Pada kesempatan itu Murtaqi menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendukung MRT dari sisi keandalan pasokan listrik. “Kami sudah menyiapkan Gardu Induk Pondok Indah dan CSW untuk mendukung pasokan tersebut,” katanya. “MRT adalah salah satu yang mendapat perhatian penuh dari kami. Dari perencanaan sistem dan kekuatan struktur jaringan, PLN akan memberi perhatian besar untuk MRT,” tambahnya.

    Nausa Nugroho, Power Engineer dari Divisi Project Management, Railway System and Services menyebutkan bahwa kebutuhan listrik untuk pengoperasian MRT Jakarta akan menggunakan grade 150 kV. “PLN akan memasok daya ke Receiving Sub Station (RSS) yang sedang kita bangun di sekitar Taman PKK (terletak di Jln. Panglima Polim, Jakarta Selatan). Dari RSS tersebut, listrik akan didistribusikan ke (pengoperasian) kereta dan stasiun.”

    Nausa menambahkan, setiap stasiun akan dilengkapi dengan dua buah trafo. “Satu untuk operasional dan satu lagi cadangan,” ujarnya. “Selain itu akan ada genset juga,” ungkapnya. Nausa optimis infrastruktur untuk menjamin operasionalisasi MRT Jakarta terkait listrik—termasuk dalam situasi kedaruratan—sejauh ini sudah sangat baik.

    Usai rapat, rombongan berkesempatan meninjau langsung proses pengerjaan RSS di Taman PKK dan salah satu stasiun bawah, yaitu Stasiun Senayan. Murtaqi menyampaikan bahwa sebagai sesama perusahaan pemerintah yang menyediakan jasa utilitas, pihaknya dan PT MRT Jakarta akan saling bekerja sama dan mendukung dalam memastikan layanan yang terbaik bagi masyarakat. “Kita tadi juga berbicara terkait fase selanjutnya. Secara umum PLN sangat siap. Kami hanya berharap pihak MRT Jakarta dapat memberikan indikasi perencanaan lebih dini sehingga dapat kami selaraskan dengan perencanaan kami,” ujarnya.

    Lebih lanjut Murtaqi menegaskan kesiapan pihaknya dalam mendukung operasional MRT Jakarta. “Sebelum kerja sama ini, PLN sudah melakukan banyak benchmarking dengan kota-kota lain di dunia yang sudah memiliki MRT lebih dulu. Semua sudah kami pelajari dengan baik. Kami sudah siap,” pungkasnya.  

    Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta, Agung Wicaksono, mengungkapkan apresiasinya kepada pihak PLN atas pertemuan tersebut. Ia merasa yakin ke depannya kedua belah pihak akan terus menjalin komunikasi yang kuat untuk menjamin terwujudnya pelayanan publik yang terbaik dari moda raya terpadu ini. [NAS/CP]